Suzuki RM-Z450 2015 First Impression

Pabrikan Suzuki telah resmi memperkenalkan salah satu varian motocross-nya, RM-Z450, untuk musim balap tahun 2015. Ada beberapa bagian penting yang di-upgrade/diperkenalkan oleh pabrikan Suzuki demi mendapatkan hasil maksimal di arena balap:

1. Suzuki Holeshot Assist Control.

Dikembangkan secara khusus bersama Juara Dunia Supercross, James ‘Buba’ Stewart, Suzuki RM-Z450 2015 diperkaya dengan tombol khusus untuk mengontrol traksi ban dalam kondisi tanah yang berbeda. Manfaat dari sistem ini adalah untuk mendapatkan traksi ban yang sesuai dengan medan kering/normal dan basah/licin pada awal balapan. Hampir dikatakan bahwa kemampuan mesin seluruh pabrikan motocross tidak memiliki perbedaan jauh dari sisi kecepatan/speed. Namun demikian untuk mendapat posisi terdepan, traksi ban yang sesuai dengan kondisi tanah amat diperlukan agar motor tidak terlalu buas dan susah diatur, yang pada akhirnya bisa membuat pebalap terjatuh atau sulit mendapat/mempertahankan posisi yang diinginkan.

2. Showa SFF-Air Fork.

Mengendarai motocross membutuhkan fisik pebalap dan kekuatan motor yang prima. Sudah fitrahnya motocross diciptakan untuk melahap medan ekstrim, maka dari itu motocross memerlukan kaki-kaki yang kuat. Suzuki RM-Z450 2015 diperkuat oleh Showa SFF-Air Fork (adjustable) yang diyakini lebih lembut dan lebih ringan dibanding model sebelumnya. Hal ini tentu akan menambah kepercayaan diri dan kenyamanan pebalap yang berlaga di arena motocross maupun endurocross.

3. New Decompression System.

Di dunia balap motocross sering kali terjadi crash dan terjatuh hingga menyebabkan mesin motor mendadak mati/OFF. Suzuki mengantisipasi hal ini dengan menambah jarak kick-starter agar pebalap tidak mengalami kendala sewaktu terjadi crash dan ingin segera melanjutkan balapan. Tidak lupa Suzuki juga meng-upgrade sistem pengapian (Electronic Fuel Injection) untuk dapat memaksimalkan kerja mesin pada RPM tinggi.

4. New Chassis Design.

Meski tidak terlalu kentara, Suzuki merubah sedikit tampilan body RM-Z450 2015 ini dengan tampilan yang lebih agresif namun lebih ringan 4% dibanding model sebelumnya. Bagi seorang pebalap, performa motor yang maksimal, bobot motor yang lebih ringan, ditambah tampilan motor yang agresif mampu mendongkrak rasa percaya diri untuk menghadapi lawan tanding di arena balap.

Meski Suzuki belum resmi mengeluarkan harga model 2015 ini, namun kemungkinan besar tidak terlalu jauh berbeda dengan model sebelumnya yang dibanderol dengan harga USD. 8,699 atau setara 96 juta-an Rupiah (off the road).

Hmmm… tertarik?.

Photo by: MX2K
Words by: teguhprayogo.com

Kasih Komentar Disini