TRACK: The Indonesian Explorer

Kota Jakarta memang relatif tidak memiliki pegunungan dan hutan belantara seperti kota Bogor, Bandung, Purwokerto, atau Malang. Tapi hebatnya, antusiasme komunitas dirt bike Jakarta telah muncul sejak awal tahun 2000 lalu dimana banyak bermunculan komunitas-komunitas dirt bike. Ya ya ya.. memang komunitas dirt bike Jakarta hampir pasti sudah ada sejak tahun 80-an, sejak era-nya Roger de Coster dan lain lain. Tapi yang kami maksud disini adalah kemunculan beberapa komunitas dirt bike Jakarta secara massive.

Salah satu komunitas dirt bike Jakarta yang masih eksis hingga kini adalah TRACK, yang tak lain adalah singkatan dari Trail Adventure Community Jakarta. Komunitas motor trail yang memiliki anggota paling banyak dibanding komunitas motor trail lain di Jakarta ini ternyata sudah mampu melanglang buana hampir ke seluruh pelosok Indonesia. Wow, luar biasa!


TRACK Coaching Clinic Bukit 4×4 Pondok Cabe


TRACK Exploring Indonesia

Bagi rekan yang sering melihat beberapa video Enduro semacam RedBull Romaniacs, Hell’s Gate, Roof of Africa, dan lain lain pasti tahu bahwa kegiatan motor trail, khususnya Enduro, tidak hanya menampilkan skill dari para riders, tidak hanya menampilkan kekuatan motor motor trail dalam melibas alam yang penuh dengan handicap (rintangan), tapi juga penonton diperlihatkan bagaimana eksotisnya alam pegunungan yang dilewati.

Tapi bagi yang nggak punya modal ikutan event Enduro di Eropa nggak perlu khawatir… ternyata Indonesia juga punya kondisi alam yang eksotis dan ekstrim seperti di Eropa. Thanks banget buat TRACK Jakarta yang mengunggah slide video perjalanan off-road mereka di berbagai daerah di Indonesia sebagaimana terlihat di situs YouTube. Sangat menyentuh dan inspiratif. Check this out guys!

Featured photo by: Budi Respati

Kasih Komentar Disini